Cara Jualan Online di Instagram

Cara Jualan Online di Instagram

Cara Jualan Online di Instagram – Di zaman yang serba digital ini, menghasilkan uang melalui aplikasi seperti Instagram tentunya bukan lagi menjadi hal yang mustahil. Mengingat bahwa hampir semua orang di berbagai penjuru dunia adalah pengguna aktif media sosial yang satu ini. Dibandingkan dengan aplikasi sosial media lainnya, dapat dikatakan bahwa Instagram menjadi yang paling efektif untuk menjadi sarana melakukan kegiatan promosi. Salah satunya jualan Online di Instagram.

Baca Juga:  Perbedaan Facebook Ads dan Instagram Ads

Dengan menggunakan Instagram, Anda sebagai seorang penjual dapat membagikan foto dan video seputar produk yang dijual. Selain itu, pengguna aplikasi ini sangatlah banyak, maka Anda akan memperoleh peluang untuk menjangkau pembeli seluas-luasnya. Hampir semua bisnis yang berbasnis online dapat dipastikan memiliki akun Instagram, hal ini bertujuan memudahkan konsumen ketika hendak melihat-lihat seperti apa rupa dari produknya.

Baca Juga:  Fitur Instagram Terbaru 2021 yang Wajib Kamu coba!

Jualan Online di Instagram

Namun, tahukah Anda? Untuk dapat sukses berbisnis online ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Tentunya terdapat kesulitan tersendiri, akan tetapi bagi Anda yang hendak memulai bisnis online melalui Instagram tidak perlu khawatir, berikut ini akan saya ulas mengenai kiat-kiat sukses jualan online di Instagram. Tidak usah berlama-lama lagi, mari simak penjelasannya di bawah ini!

Baca Juga:  Menghubungkan akun Instagram ke halaman Facebook

Cara Jualan Online di Instagram

Buat Username yang Mudah Diingat Orang

Langkah pertama dan terlihat sederhana dalam membangun sebuah bisnis online di Instagram adalah dengan cara membuat username atau nama pengguna yang mudah untuk diingat orang, bila perlu menggunakan istilah-istilah unik. Hal ini bertujuan agar dapat menarik minat orang lain ketika mendengar username dari akun bisnis online Anda.

Baca Juga:  Link Untuk Menghapus Akun Instagram

Meskipun tidak berpengaruh secara signifikan, username pada nyatanya lebih ke arah membuat masyarakatmemiliki rasa ingin tahu tentang produk apa yang dijual. Nah, dari rasa keingintahuan mereka dapat kita manfaatkan dengan gencar melakukan promosi agar mereka tersugesti untuk membeli.

Baca Juga:  Perbedaan Facebook Ads dan Instagram Ads

Tips dari saya bagi Anda yang kebingungan menentukan username Instagram yaitu dengan mencari di internet nama-nama indah atau anak zaman sekarang menyebutnya dengan aesthetic, selain itu Anda bisa mencoba memakai istilah dalam bahasa asing agar terlihat berbeda dengan yang lainnya. Cukup mudah bukan?

Baca Juga: Tips Menambah Followers Instagram Alami

Buat Konten dan Feeds yang Menarik

Selain menciptakan username yang unik dan mudah diingat, untuk dapat menarik minat konsumen dapat dilakukan dengan cara membuat konten dan menata feeds sekreatif mungkin. Sebagai seorang yang bergelut di bisnis online pastinya memproduksi konten merupakan sebuah hal yang biasa. Konten yang diunggah ke Instagram ini bermacam-macam, mulai dari tutorial pemakaian sampai dengan kelebihan dan keunggulan produk.

Baca Juga:  Cara buat Twibbon Picsart, Canva dan melalui Website Twibbonize

Ide penataan feeds dan konten dapat Anda temukan secara gratis di internet, bahkan saat ini banyak orang yang menawarkan jasa untuk membuat feeds. Jika Anda adalah tipe orang yang tidak suka bersusah payah mendesain mungkin jasa mereka cocok untuk Anda gunakan. Pada umumnya, konsumen akan lebih menyenangi konten yang menarik dan feeds yang tertata rapi.

Baca Juga:  Cara edit Twibbon dari Google Drive

Endorse ke Selebgram Sebagai Cara Berbisnis Online di Instagram

Endorseadalah bagian dari aktivitas promosi iklan di mana dalam pelaksanaannya melibatkan pihak lain, tujuan dari endorse sendiri yaitu untuk lebih mengenalkan dan memasarkan suatu produk maupun jasa kepada masyarakat. Pada umumnya, kegiatan endorse dilakukan oleh seseorang yang terkenal atau memiliki pengaruh tertentu terhadap banyak orang.

Baca Juga:  Online Foto Resize Jadi HD Menggunakan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

Perlu untuk kita ketahui bahwa endorse merupakan bagian dari digital marketing. Oleh karena itu, cara ini dianggap ampuh untuk memasarkan suatu produk khususnya yang berbasis bisnis online. Selain karena lebih hemat tenaga karena sistemnya bukan seperti sales yang datang dari rumah ke rumah melainkan cukup dengan membuat konten lalu di unggah ke media sosial maka dapat menjangkau ratusan bahkan jutaan orang yang ada di dunia.

Baca Juga:  menghapus objek foto online melalui WEB dan memakai Aplikasi HP

Sebagai seorang seller bisnis online tentunya cara endorse ke selebgram menjadi salah satu jalan untuk mempromosikan produk Anda. Namun, tidak selalu endorse ini mendatangkan banyak keuntungan. Ada yang beruntung dapat balik modal bahkan ada pula yang justru rugi karena tidak ada yang membeli jualannya. Itu semua tergantung pada kepandaian kita dalam memilih selebgram untuk di endorse, karena tentu saja setiap selebgram memiliki pengikut yang beragam, sehingga dibutuhkan kemampuan untuk membaca peluang.

Baca Juga:  Download Video TikTok Tanpa Watermark? Begini Caranya

Kumpulkan Banyak Followers

Tips berbisnis online di Instagram selanjutnya yang dapat Anda lakukan yaitu dengan mengumpulkan banyak followers. Beberapa orang lebih mempercayai suatu akun toko onlinedengan pengikut yang banyak, hal ini dikarenakan adanya sugesti bahwa jika pada suatu akun online shop memiliki followersyang banyak maka produk yang dijual pasti meyakinkan. Berbeda ketika akun dengan sedikit followers, tak jarang diragukan oleh para pembeli.

Baca Juga: Cara bikin tiktok yang lagi viral

Untuk mendapatkan banyak pengikut bisa dilakukan dengan beberapa cara salah satunya dengan endorsement ke selebgram atau ke content creator lainnya. Cara ini lebih efektif dibanding harus melakukan promosi secara pribadi. Jumlah followersyang didapat pun pastinya berbeda beda tergantung kepada siapa Anda melakukan kegiatan endorsement.

Mereka yang tertarik untuk mengikuti akun Instagram online shop Anda terkadang merupakan calon pembeli juga. Jadi, gunakan kesempatan emas ini agar dapat meraup keuntungan yang berlipat ganda.

Baca Juga:  Cara Menjadi Influencer Tiktok Untuk Pemula

Lakukan Teknik Soft Selling

Bagi seorang pemula mungkin bertanya-tanya, apa sih sebenarnya soft selling itu? Jadi, soft selling adalah sebuah strategi yang dilakukan oleh penjual dengan cara pendekatan periklanan kepada para konsumen menggunakan bahasa yang halus dan tidak agresif. Softselling ini lebih menonjolkan cara-cara yang persuasif, meskipun pada awalnya tidak terlalu menghasilkan tetapi bila dilakukan secara terus menerus dapat membantu penjualan.

Setelah Anda melakukan beberapa tips yang telah sayaulas sebelumnya, kini saatnya untuk beralih ke cara halus guna menciptakan kedekatan antara seller dan buyer. Kenapa dibilang pendekatan? Karena di sini buyer dibuat tidak sadar bahwa yang dilakukan oleh seller merupakan sebuah teknik marketing. Lalu bagaimana cara melakukan soft selling? Di bawah ini penjelasannya.

Baca Juga: Cari Uang dari TikTok

Lakukan Riset Awal

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai soft selling yaitu dengan melakukan riset, kenapa riset menjadi langkah awal? Karena perlu adanya eksplorasi guna mengetahui hal yang disukai oleh pengikut Anda. Selain itu, dengan melakukan riset Anda akan lebih banyak menemukan berbagai sudut pandang pelanggan.

Membuat Promosi dengan Kesan yang Personal

Langkah ini menjadi bagian penting pada strategi soft selling karena di sini Anda akan membuat pembeli menjadi nyaman lalu mereka akan tersugesti untuk membeli produk yang Anda jual. Cara melakukannya yaitu dengan memberikan kesan-kesan empati pada iklan yang dipasang. Bisa dengan mengajak pembeli terlibat dalam sebuah obrolan ringan, usahakan untuk menggunakan bahasa yang informal guna menciptakan suasana yang santai.

Baca Juga:  Fitur Tiktok Terbaru 2021

Dengarkan Pendapat Konsumen secara Aktif

Kebanyakan pelanggan lebih menyukai penjual yang dapat mendengarkan aspirasi dan kebutuhan mereka, hal ini karena pelanggan akan merasa seperti, penjual adalah seorang yang melayani dengan tulus. Selain itu, dengan mendengarkan konsumen secara aktif dapat meningkatkan loyalitas dari pelanggan terhadap usaha yang kita bangun.

Cantumkan Informasi Penting dan Sertakan Testimoni

Informasi penting yang dimaksud adalah contact personmulai dari nomor WhatsApp, id Line, nomor telepon dan lain sebagainya. Mencantumkan informasi tersebut bertujuan agar pembeli mudah sewaktu-waktu ketika ingin membeli produk, kadang kala terdapat beberapa konsumen yang lebih menyukai konsultasi dahulu sebelum membeli. Biasanya informasi ini dicantumkan pada bio akun Instagram.

Kemudian, testimoni juga menjadi salah satu faktor penting. Hal ini karena pembeli butuh sebuah bukti yang meyakinkan, maka dari itu dengan mencantumkan testimoni dapat mempengaruhi konsumen untuk membeli produk yang Anda tawarkan. Usahakan untuk menaruh testimoni sebanyak-banyaknya, semakin banyak testimoni yang disuguhkan maka dapat dikatakan bahwa bisnis Anda ini semakin terpercaya.

Baca Juga:  fungsi Tiktok untuk User dan Manfaat Tiktok Untuk Bisnis

Namun, jangan menaruh testimoni di sembarang tempat karena dapat merusak feeds yang telah disusun. Buatlah highlight agar akun Instagram terlihat menarik dan enak untuk dilihat. Kelebihannya yaitu, highlight terletak di bagian atas dan bertahan selama waktu yang diinginkan, pembeli pun tidak perlu menggeser dari atas ke baawah karena highlight berada di posisi terdepan dalam sebuah profil akun.

Demikian ulasan mengenai kiat sukses jualan online di Instagram yang dapat saya sampaikan, saya berharap artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda seputar dunia bisnis digital. Jangan takut untuk mencoba, semoga berhasil!

Baca Juga:  Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Adbreak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *