Cara Bermain Saham Online Untuk Pemula

Cara Bermain Saham Online Untuk Pemula

 

Cara Bermain Saham Online Untuk Pemula Main saham Auto Kaya? Faktanya, tidak semudah itu. Pada artikel ini UptodatNews akan mengulas tentang apa itu saham, jenisnya dan keuntungan serta kerugiannya yang wajib kalian tahu sebelum bermain saham.

Macam-macam Saham

Jika dilihat dari kemampuan penagihan dan klaim, saham  dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu:

 

Common Stock

Common stock adalah saham yang dapat diklaim berdasarkan keuntungan dan kerugian dalam perusahaan. Jika prosedur likuidasi dilakukan, pemegang saham biasa akan mendapat prioritas terakhir dalam pembagian dividen untuk penjualan kekayaan perusahaan.

Maka Para pemegang saham memiliki kewajiban terbatas. Artinya pada saat perusahaan yang dibiayai bangkrut, nilai kerugian yang ditanggung oleh pemegang saham sama dengan nilai modal yang telah dibayarkan.

Ciri-ciri Common Stock

  • Setiap pemegang saham memiliki hak suara yang sama sehubungan dengan pemilihan Dewan Komisaris.
  • Hak setiap pemegang saham akan diprioritaskan ketika perusahaan menerbitkan saham baru.
  • Setiap pemegang saham memiliki kewajiban terbatas, dan yaitu dengan nilai saham yang dibayarkan.

Pefered Stock

Pengertian Pefered Stockadalah saham yang nilai bagi hasilnya tetap, dan ketika perusahaan mengalami kerugian, pemegang saham prefered stock memiliki prioritas tertinggi dalam hal pembagian hasil penjualan saham atau Aset perusahaan. .

Baca Juga:  Reksadana Terbaik Untuk Investor Pemula

Saham prefered stock terlihat seperti obligasi, di mana ada hak atas pendapatan dan aset sebelummnya, dividen tetap selama saham itu sah, memiliki hak penebusan, dan juga dapat ditukar dengan saham biasa.

Ciri-ciri saham Pefered Stock:

  • Memiliki beberapa level yang dapat digunakan dengan berbagai bentuk berbeda.
  • Ada klaim terkait pendapatan dan aset, dan mereka memiliki prioritas tinggi dalam hal dividen.
  • Saham prefered stockjuga dapat ditukar dengan saham biasa dengan kesepakatan antara perusahaan dan pemegang saham.

main saham online

Baca Juga:  Aplikasi Trading Saham Terbaik 2021

Cara Bermain Saham Online Untuk Pemula

Saham juga dapat dibagi berdasarkan fungsi atau kinerja dari perusahaan, yaitu sebagai berikut:

 

Blue Chip Stock

Definisi Blue Chip  Stock adalah perusahaan hebat yang dipercaya oleh pengusaha lain. Saham-saham ini cenderung memiliki harga saham yang lebih tinggi, namun nilainya lebih stabil.

 

Income Stock

Pengertian Income Stock adalah suatu jenis prosedur yang dapat memberikan keuntungan yang signifikan, namun tetap disertai dengan risiko yang signifikan. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang kuat dalam mengelola jenis saham ini.

 

Growth Stock

Yang dimaksud dengan growth stock atau saham pertumbuhan adalah saham yang memiliki tingkat perkembangan yang lebih cepat dibandingkan dengan jenis saham lainnya dalam bidang yang sama. Dalam satu hari, saham jenis ini bisa naik atau turun beberapa kali.

Baca Juga:  Trading Saham Online Untuk Investor Pemula

Speculative Stock

Saham spekulatif atau speculative stock adalah jenis saham yang umum atau sering diperdagangkan di bursa efek karena berpotensi menghasilkan keuntungan yang signifikan di masa yang akan datang.

 

Cyclical Stock

Yang dimaksud dengan cyclical stock adalah jenis saham yang sangat sensitif terhadap tren ekonomi. Bisnis ini berubah-ubah dan pasang surutnya sangat cepat.

 

Emerging Growth Stock

Jenis saham ini merupakan jenis usaha yang berasal dari usaha kecil, namun lebih tahan, karena cenderung tidak terpengaruh oleh fluktuasi kondisi perekonomian terutama dengan adanya resesi.

 

Defensive Stock

Defensive Stockadalah jenis saham yang tidak terpengaruh oleh resesi. Umumnya saham-saham tersebut berasal dari perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri sehari-hari yang daya belinya cenderung stabil setiap harinya.

Baca Juga:  Cara Bermain Saham Untuk Pemula 

Manfaat Investasi Saham

Main Saham Online – ,Salah satu manfaat utama saham adalah dapat digunakan sebagai sarana investasi jangka panjang maupun jangka pendek.Investor yang menggunakan sahamnya sebagai investasi jangka pendek seringkali mengharapkan capital gain dari selisih antara harga jual dan harga beli.

Hal ini tentu berbeda dengan mereka yang menggunakan saham sebagai sarana investasi jangka panjang, karena mereka akan sering membeli atau menyimpan uang untuk membeli saham.

Dengan demikian, ada dua keuntungan yang bisa diperoleh investor yang berinvestasi saham, yaitu:

Capital gain

Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari selisih harga jual suatu saham yang lebih tinggi dari harga belinya. Setiap investor saham selanjutnya akan memperoleh keuntungan sesuai dengan besarnya nilai saham yang disetorkan.

Dividen

Dividen, adalah nilai keuntungan yang diperoleh dari pembagian dividen tunai kepada emiten. Dividen adalah pendapatan tambahan yang dapat diperoleh investor dengan membeli saham emiten yang melakukan dividen dengan baik. Biasanya di keluarkan oleh perusahaan setiap setahun atau 6 bulan sekali tergantung komitmen perusahaan.

Baca Juga:  Saham Bluechip Terbaik Cocok Untuk Jenis Investasi Jangka Panjang

Resiko Investasi Saham

Main Saham Online atau Berinvestasi saham memang memiliki keuntungan yang besar, namun resikonya juga besar. Berikut adalah beberapa risiko yang harus Anda persiapkan untuk menghadapi saat berinvestasi saham:

Likuidasi

Resiko ini dapat terjadi ketika kepailitan emiten atau likuidasi pemegang saham memiliki tuntutan akhir atas kekayaan perusahaan setelah kewajiban emiten dilunasi. Bahkan pemegang saham berisiko tidak mendapatkan apa-apa ketika aset habis setelah emitmen membayar kewajibannya.

Tidak ada dividen

Risiko ini dapat terjadi ketika emiten memiliki keuntungan lebih dari yang diperoleh perusahaan untuk menambah modal operasi, atau memperluas usaha, sehingga emiten tidak membagikan keuntungan dalam bentuk dividen kepada pemegang saham.

 

Investor kehilangan modal

Risiko ini juga dapat terjadi ketika harga beli saham lebih tinggi dari harga jual, sehingga pemegang saham akan kehilangan nilai modalnya.

Delisting saham dari bursa efek

Ada beberapa alasan mengapa saham tersebut dihapus dari catatan bursa, sehingga saham tersebut tidak dapat lagi diperdagangkan. Hal ini tentu saja akan mengakibatkan kerugian yang besar bagi emiten dan pemegang saham.Tergantung bagaimana prosedur perusahaan bekerja untuk menghasilkan keuntungan.

Sederhananya, pemilik modal sama dengan pemilik usaha. Jadi ketika bisnis menguntungkan, pemilik bisnis juga akan merasakan keuntungan.

 

Demikian penjelasan mengenai macam-macam saham, keuntungan serta kerugiannya. Berdasarkan interpretasi sebelumnya, kita dapat menyimpulkan bahwa saham adalah bukti sah kepemilikan seseorang dalam sebuah perusahaan.

Jika Anda Main Saham Online dari emiten tertentu, itu berarti Anda berinvestasi di suatu perusahaan, sehingga fluktuasi harga akan mempengaruhi keuntungan atau kerugian Anda. Anda bisa mengecek langsung di PT Bursa Efek Indonesia.

Jika Anda sudah memahami arti dari tindakan di atas, Anda harus memiliki pemahaman yang lebih baik tentang jenis-jenis perusahaan di pasar saham. Anda bisa mulai mengevaluasi saham bearish atau bullish dan mengetahui latar belakang perusahaan sebelum Main Saham Online.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *