Cara Menjadi Influencer Tiktok Untuk Pemula, Sangat Mudah!

Cara Menjadi Influencer Tiktok Untuk Pemula, Sangat Mudah!

Cara Menjadi Influencer Tiktok Untuk Pemula – TikTok adalah platform media sosial tempat di mana kamu dapat mengunggah video pendek dan membagikannya secara daring. Siapa pun bisa menjadi influencer TikTok asal tahu bagaimana caranya. Namun satu hal yang pasti, kamu butuh mempromosikan konten tepat sasaran. Selanjutnya, biarkan pengguna lain menilai seberapa menarik postinganmu.

Sebenarnya ada banyak orang yang siap siaga menghargai konten buatanmu asalkan menggunakan taktik pemasaran paling pas. Kabar baiknya, TikTok telah meraih popularitas tinggi dan bertransformasi menjadi sumber penghasilan bagi jutaan user. Lebih dari 1,5 miliar orang di seluruh dunia memainkannya, dan jumlahnya disinyalir akan terus bertambah. Situasi ini merupakan sebuah peluang besar bagi kamu yang ingin terkenal dan berpengaruh.

Sampai sekarang, Amerika Serikat menjadi negara dengan basis pengguna terbesar di dunia. Masyarakat di sana telah memperoleh lebih dari $23,1 juta pendapatan berupa uang virtual dari TikTok sejak 2018 silam. Statistik tersebut hanya menghitung jumlah untuk Amerika Serikat. Sekarang, betapa banyak keuntungan total di planet ini. Kurang lebih demikianlah potensi yang ditawarkan TikTok kepada khalayak umum.

Baca Juga:  Download Video TikTok Tanpa Watermark? Begini Caranya

Namun, sebelum melanjutkan pembahasan tentang panduan menaklukkan aplikasi satu ini, ada baiknya kamu memahami lebih dulu apa itu TikTok dan bagaimana cara kerjanya. Dimulai dari skema algoritma hingga evaluasi tahap akhir.

Cara Menjadi Influencer Tiktok Untuk Pemula, Sangat Mudah!

Cara Menjadi Influencer Tiktok Untuk Pemula

Algoritma TikTok diprogram untuk menilai video yang kamu sukai dan bagikan di masa lalu untuk kemudian digunakan sebagai saringan tampilan konten di berandamu. Ketika sebuah video diunggah, maka itu akan ditunjukkan kepada beberapa pengguna di sela-sela konten viral. Kemudian algoritma menghitung jam tayangan, jumlah suka, dan yang dibagikan.

Algoritma tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga jika keterlibatan pengguna pada video meningkat, maka akan diedarkan ke lebih banyak orang. Ini akan mendorong peningkatan kemungkinan video mendapatkan relatif lebih banyak pembagian dan suka dibandingkan dengan akun media sosial lainnya. Terlebih,jumlah unduhan TikTok sudah melampaui satu miliar sehingga level persaingannya memang amat ketat.

Baca Juga: Cara bikin tiktok yang lagi viral

TikTok terutama merupakan media hiburan tempat di mana kamu dapat mem-posting video berdurasi 15 hingga 60 detik. Berikutnya, dengan langkah tepat, kamu punya peluang memonetisasi platform ini dan mulai menghasilkan pendapatan untuk diri sendiri. Sumber utama menghasilkan uang dalam pemasaran para pemengaruh di TikTok adalah iklan dan sponsor. Bukankah menyenangkan jika kamu memperoleh hiburan sekaligus penghasilan?

Ada banyak tips yang beredar di internet mengenai kiat sukses menjadi influencer. Namun, kita bisa menarik benang merahnya bahwa agar bisa terkenal tentunya dengan memanfaatkan peluang tren yang sedang berkembang saat itu untuk kemudian menghasilkan uang lewat kemampuan memengaruhi.

Tingkatkan Peluang Mendapatkan Gelar Influencer TikTok

Tampil Unik dengan Gaya

Ada banyak konten di sosial media satu ini sehingga jika ingin menarik perhatian audiens, pastikan telah memilikiciri khas sendiri. Pilih nicheunik untuk postingan kamu yang tidak biasa dan belum dicoba oleh pemengaruh lainnya.

Namun, meskipun konten video kamu tidak unik, gaya penyajiannya haruslah terlihat berbeda. Orang ingin melihat sesuatu yang tidak lazim, di luar kebiasaan mayoritas. Jika berhasil menawarkan sebuah pembaruan, maka itu akan serta-merta memikat publik.

Apabila masih bingung, mulailah dengan mengikuti tren terbaru dalam pemasaran influencer demi mengetahui bagaimana ekspektasi audiens. Dua tahun lalu, tepatnya 2019 adalah momentum kreativitas bagi TikTok. Banyak influencer dengan ide-ide hebat membuat beberapa video luar biasa sehingga berhasil viral.

Baca Juga:  Cari Uang dari TikTok

Sebagai contoh, @daviddobrik mendesain video gelombang pasta gigi raksasa yang menjadi viral dan telah mengumpulkan sekitar 18 juta suka di TikTok. Tak hanya itu, masih ada pengguna lain dengan nama @calebcutler memublikasikan video lucu sekaligus inovatif tentang operasi pisang, lalu mendapat sekitar 6 juta suka. Dari kedua contoh ini, bisa dibilang tidak harus mahal untuk menyabet nama baik, cukup tunjukkan keunikan saja.

Kenali Target Pasar

Kamu wajib mengenal target pasarmu dan membuat video dengan mengingat mereka. Pastikan kontenmu memuat wawasan sehinggapenonton dapat meraih manfaat darinya, baik yang bersifat life hack atau sekadar hiburan.

Coba tanyakan kepada diri sendiri beberapa line berikut siapa yang akan menonton video tersebut? Mengapa audiens harus menyaksikannya? Elemen hiburan apa yang ditawarkan?

Sangat penting untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut agar kamu punya ide dalam menghasilkan video yang unik dan berkarakter.

Baca Juga:  Fitur Tiktok Terbaru 2021

Pengguna TikTok di seluruh dunia adalah 55,6% pria dan 44,4% wanita. Jika melihat lebih jauh lagi, kita akan menemukan bahwa lebih banyak remaja menggunakan aplikasi ini, dan didominasi oleh laki-laki. Apakah kamu sudah punya ide untuk dieksekusi?

Jika belum dan masih bingung juga, ada baiknya kamu memantau kurva trending video di TikTok sebelum memulai aksi sebagai calon pemengaruh.

Ketahui Karakter Pesaing

Setelah memutuskan audiens mana target kamu, jangan lupa lakukkan pemeriksaan terhadap semua influencer yang bergelut di demografi serupa. Lihat video mereka, jenis konten postingan, dan berapa banyak suka atau bagikan yang berhasil.

Lebih jauh, usaha semacam itu juga selalu bisa dijadikan referensi saat mencari ide dengan tetap berpegang pada asas modifikasi serta improvisasi, jangan sampai terjebak plagiasi. Cobalah untuk mencari tahu apa yang hilang dan tidak disediakan oleh pemengaruh lain. Cari solusi atas kekurangan tersebut, lalu kembangkan kontenmu sambil mengingatnya.

Baca Juga:  fungsi Tiktok untuk User dan Manfaat Tiktok Untuk Bisnis

Contohnya, jika sebagian besar orang melakukan video sinkronisasi bibir dan kamu ingin melakukan hal serupa, maka cobalah temukan beberapa lagu unik yang berbeda dari kebanyakan alias tidak biasa.

Hadirkan Konten yang Konsisten

Cobalah untuk konsisten dengan konten video kamu, termasuk tapi tidak terbatas pada waktu mengunggahnya. Perbaiki jadwal yang ditentukan untuk publikasi video, jangan bertindak timbul tenggelam. Dengan cara seperti ini, audiens akan mengerti bagaimana pola kerjamu, serta tahu apa yang mereka harapkan dari kamu, juga tahu kapan sebaiknya mulai berharap.

Kamu dapat mengawalinya dengan metode coba-coba dan menjajaki hal-hal acak sebagai permulaan. Jika berhasil memperoleh klik suka dan berbagi maksimum dari video tertentu, maka tetaplah dengan konten serupa.

Baca Juga:  Game PC Seru Yang Wajib Kalian Coba Di Jamin Ketagihan

Pengikut mu akan mulai menyukai jenis konten videomu, dan mereka akan memeriksa profil kamua kapan pun waktunya setiap kali melakukan publikasi. Untuk menambahkan elemen kejutan, posting sesuatu tentang kehidupan sehari-hari, perjalanan, dan lain sebagainya, di antara waktu yang ditentukan untuk pembaruan rutin. Itu akan membantumu terhubung dengan audiens serta memecahkan kemonotonan mengulang hal yang sama.

Optimalkan Pemakaian Tagar

Sebagaimana dikatakan sebelumnya, untuk menjadi pemengaruh di TikTok, setiap orang dituntut harus unik. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat tagar pribadi.

Jika kamu menggunakan tagar dengan benar, maka itu akan membantu meningkatkan jumlah pengikut dan kapasitas jangkauan. Tagar juga dapat mendorong bertambahnya keterlibatan pemirsa di video kamu. Ada beragam jenis alat penghasiltagar yang bisa diberdayakan sebelum memulai publikasi lewat akun TikTok.

Baca Juga:  Game lucu dan Menghibur Terbaru 2021 Yang Bisa Kamu Mainkan!

Tagar akan menunjukkan lelucon, tantangan, dan video viral yang sedang tren. Tidak seperti layaknya Twitter, hastag di TikTok tidak menunjukkan tren secara global, melainkan sebatas skala aplikasi saja.

Semakin Mengenal Kesuksesan

Jaga Keterlibatan Audiens, Tugas Influencer TikTok

Jangan lupa libatkan audiens secara teratur tanpa terkecuali. Berinteraksi dengan mereka, juga saling berbalas komentar. Tayangkan serta lakukan interaksi dengan pengikut saat sedang melakukan streaming video langsung. Sesekali kabulkan keinginan dan sertakan konten yang ingin mereka lihat. Ini akan menunjukkan bahwa kamu peduli dengan pendapat juga saran mereka.

Pada dasarnya, orang-orang suka berinteraksi dengan influencer. Tindakan dan keramahan sejenis itu akan membantu kamu mendapatkan penerimaan mereka sekaligus mengembangkan ikatan yang lebih kuat bersama audiens.

Baca Juga:  Permainan yang Seru Untuk Dimainkan Ketika Mengisi Waktu Luang

Bagaimanapun, kesuksesanmu akan sangat bergantung kepada respon publik. Jika kamu dinilai sebagai pemengaruh yang sombong, tentu berpotensi besar menurunkan ketertarikan mereka. Maka dari itu, menjadi pemengaruh artinya siap memenuhi ekspektasi pemirsa sembari tetap mempertahankan idealisme pribadi.

Baca Juga:  Game Terpopuler Yang Bisa Anda Coba! 

Cara Menjadi Influencer Tiktok sukses, maka kamu butuh kerja keras dan kerja cerdas. Keunikan adalah kunci, di samping adanya konsistensi. Viral satu kali tidak boleh membuatmu berpuas diri karena tingkat persaingan di aplikasi ini benar-benar super ketat. Jangan sampai, kamu tenggelam lagi setelah berusaha muncul ke permukaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.