Pengertian Saham Dividen

Saham Dividen Adalah Metode Investasi Aman dan Juga Menguntungkan

Saham dividen adalah metode investasi yang sangat aman dan juga menguntungkan. Keuntungannya mencapai 10% pertahun, banyak orang yang belum mengetahui keuntungan saham dividen, bahkan keuntungan saham dividen lebih tinggi reksadana, emas atau bahkan properti. Hanya sedikit orang Indonesia yang menggunakan alat investasi, dan sebenarnya ada banyak pilihan investasi. Data survei Manulife Indonesia menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia lebih menyukai deposito dan tabungan. Data survei ini cukup konsisten setiap tahunnya. Bursa Efek Indonesia memiliki data jumlah saham investor aktif saja yang mencapai 97,6. Dan tentunya sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.

Pada artikel ini, UptodatNews akan menjelaskan saham dividen sebagai salah satu alat saham yang paling menguntungkan dan paling aman. Berdasarkan sejarah Bursa Efek Indonesia, return dividen sudah mencapai 10% per tahun, tentunya dividen ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan investasi lainnya.

 

Saham Dividen

Definisi Saham

Saham adalah bukti kepemilikan seseorang dalam suatu perseroan yang memberikan hak atas bagian atas keuntungan sesuai dengan nilai saham yang dimiliki.
Anda mempunyai tuntutan terhadap perseroan sehubungan dengan penghasilan perseroan dan kekayaan perseroan serta hak untuk menghadiri RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

Saham disebut juga dengan surat berharga

Definisi dalam UU Pasar Modal 8 1995 , “Efek adalah surat berharga, yaitu surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, Unit Penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas Efek, dan setiap derivatif dari Efek”.

Definisi Dividen

Jika Anda adalah pemilik atau pemegang saham dari suatu perusahaan tertentu, tentunya Anda akan menerima dividen jika perusahaan tersebut mengalokasikan dividen untuk membagikan dividen kepada para pemegang saham.

Beberapa pilihan untuk perusahaan yang menghasilkan keuntungan:

  • Laba digunakan untuk reinvestasi dan laba ditahan tidak dibagikan kepada pemegang saham.
  • Keuntungan tersebut digunakan kembali oleh perusahaan untuk membeli kembali saham di bursa atau yang disebut dengan buyback.
  • Laba dibayarkan secara tunai kepada pemegang saham sebagai dividen

RUPS menentukan keputusan penggunaan keuntungan

Jika investor ingin menerima dividen, investor harus memiliki saham perusahaan dan diakui sebagai pemegang saham. Tentu saja, perlu beberapa waktu agar kepemilikan dapat dikenali.

Cara kerja Dividen dalam menghasilkan keuntungan

Dividen biasanya dibayarkan secara tunai kepada pemegang saham dalam waktu satu tahun. Laba adalah bunga yang dibayarkan kepada pemilik deposito atas kepemilikan ekuitas. Hasil yang diterima adalah jumlah lembar saham yang dimiliki dengan dividen tunai per lembar saham. Besarnya tergantung kinerja perusahaan dan tentunya keputusan RUPS, cukup berbeda dengan bunga deposito.

Tidak ada jaminan bahwa kinerja perusahaan yang baik akan membayar dividen kepada investor atau pemegang saham. Ada beberapa perusahaan yang pelit dan tidak mau membayar dividen padahal kinerjanya bagus. Perusahaan biasanya menyisihkan dana untuk peluang yang lebih mendesak atau potensial untuk menginvestasikan kembali keuntungan di perusahaan. Jadi perusahaan yang tidak membayar dividen belum tentu perusahaan yang buruk.

Perhitungan Laba Dividen

Bagaimana cara menghitung dividen?

Dividen dihitung dari jumlah dividen per saham dibagi dengan harga saham yang Anda beli.
Untuk menghitung return, Anda perlu memahami beberapa indikator dalam berinvestasi dividen, yaitu:

  • Rasio pembagian dividen menunjukkan persentase keuntungan perusahaan yang dibagikan sebagai dividen. Semakin tinggi pembayaran, semakin baik, karena jumlah dividen yang akan diterima pemegang saham akan lebih tinggi.
  • Rasio pengembalian dividen menunjukkan persentase dividen dari nilai saham. Ukuran seperti bunga deposito atau pengembalian investasi.
  • Konsistensi dalam pembagian keuntungan. Karena tidak semua emiten saham membagikan dividen sebagai dividen, Anda perlu mengetahui seberapa konsisten perusahaan dalam hal ini selama bertahun-tahun.

Gunakan indikator ini untuk memilih saham yang paling menarik

Saya biasanya mencari saham yang memberikan dividen lebih dari 10% dan konsisten membayar dividen dalam 5 tahun terakhir.
Pengembalian 10% menunjukkan bahwa investasi dividen memberikan pengembalian yang tinggi.
Anda dapat membandingkan pengembalian 10% ini dengan pendapatan dari investasi real estat, emas, dan reksa dana.

Pembayaran dividen tidak hanya menguntungkan pemegang saham, tetapi juga menunjukkan bahwa perusahaan berjalan dengan baik dan konsisten (ini penting!). Laba yang lebih tinggi seringkali tidak mencerminkan kinerja perusahaan yang baik. Ada banyak teknik akuntansi yang bisa “menghasilkan” keuntungan.

Munculnya kasus-kasus manipulasi laporan keuangan, seperti Enron di Amerika Serikat, menunjukkan bahwa laba dalam laporan keuangan bisa jadi tidak nyata, dan laba hanya bisa dibuat di atas kertas, tanpa arus kas yang nyata.

Investor membutuhkan bukti untuk menunjukkan kinerja

Dividen adalah salah satu bukti terkuat bahwa perusahaan menghasilkan keuntungan dan berjalan dengan baik.
Eksportir yang berkinerja buruk tidak mungkin membagikan dividen tunai.
Dividen adalah uang nyata yang dibayarkan perusahaan kepada pemegang saham.
Penghasilan bisa tinggi, tanpa benar-benar memiliki arus kas. Tetapi jika menyangkut dividen, perusahaan pasti akan menghasilkan arus kas yang nyata.

Apalagi jika perusahaan selalu membayar dividen secara stabil selama beberapa tahun terakhir tanpa putus.
Di Wall Street, investor akrab dengan saham yang disebut Dividen Aristocrats, perusahaan yang terus meningkatkan dividen mereka selama 25 tahun atau lebih.

Dividen Aristokrat adalah target investor yang ingin memanfaatkan pembayaran dividen per saham.

Manfaat berinvestasi dividen

Apa keuntungan dari investasi ini?

  • Dividen memberi Anda pendapatan berulang. Tidak masalah, nilai saham naik atau turun, investor menerima pembayaran tunai dari dividen berdasarkan saham.
  • Tenang dengan investasi pasif, karena Anda tidak perlu khawatir dengan naik turunnya harga saham di pasar setiap hari. Selama Anda dapat menemukan perusahaan yang kuat yang serius tentang dividen, itu sudah cukup dan Anda dapat duduk dan membiarkan manajemen perusahaan bekerja untuk memberikan hasil.
  • Dana Pensiun. Dengan berinvestasi dalam dividen pasif yang nyaman, tidak perlu memantau setiap hari, harga saham berulang, Anda dapat menggunakan dividen untuk dana pensiun. Di Indonesia, mungkin tidak umum untuk mengandalkan dividen sebagai sumber pendapatan pensiun, tetapi di Amerika Serikat banyak orang pensiun dini, menggunakan dividen sebagai sumber pendapatan.
  • Ketika pasar turun tajam, saham yang … dividen tetap memberi Anda keuntungan, bahkan jika harga saham turun tajam.

Tips investasi dividen

Apa saja tips agar jenis investasi ini berhasil?

Pilih perusahaan yang tepat

Kuncinya adalah membeli perusahaan yang memiliki kinerja kuat dan rajin membagikan dividen.
Menemukan perusahaan ini sebenarnya tidak sulit. Anda dapat melihat dividen dan hasil dividen untuk memilih perusahaan.
Anda dapat menggunakan menu filter di aplikasi Saham untuk memilih saham yang masuk kriteria hasil dividen.
Saya biasanya menggunakan ambang batas pengembalian akhir 10% untuk memilih perusahaan untuk investasi dividen.
Jangan lupa untuk melihat pembayaran dividen historis selama lima atau sepuluh tahun terakhir. Semakin konsisten, semakin baik.
Biasanya perusahaan yang baik tidak hanya membayar dividen tunai yang besar, tetapi mereka membayar secara konsisten dari tahun ke tahun.

Beli lebih banyak saham

Paling-paling, uang yang Anda dapatkan dari dividen membeli kembali saham.
Metode ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan efek kumulatif dari berinvestasi di saham.
Efek dari menginvestasikan kembali keuntungan akan terlihat dalam jangka panjang karena efek peracikan ini.

Lakukan, yaitu, dividen akan dibeli secara otomatis, jika Anda memilih opsi untuk menginvestasikan kembali dividen dengan broker.
Di Indonesia, opsi untuk menginvestasikan kembali keuntungan belum tersedia. Anda harus melakukannya secara manual.
Anda menerima uang tunai dari dividen, lalu segera membeli kembali sahamnya.

Menggunakan ETF untuk Hasil Dividen

Apakah Anda ingin berinvestasi dividen tetapi tidak tahu atau tidak punya waktu untuk memilih saham?
Saat ini ada ETF investasi dividen khusus, yang menggabungkan portofolio berdasarkan saham yang memiliki rekam jejak pembayaran dividen terbaik.
Berikut adalah contoh dari beberapa ETF tersebut:

  • S&P 500 DIVIDEND ARISTOCRATS ETF dengan portofolio 40 saham S&P500 AS dengan rekam jejak yang terbukti secara konsisten membayar dividen dalam 25 tahun terakhir atau lebih. ETF ini mencatat hasil dividen sebesar 2,40%
  • Vanguard International High Dividends ETF (VYMI) yang menggabungkan portofolio 969 saham internasional (di luar AS) dengan dividen yang tinggi dan stabil.

Keuntungan menggunakan ETF adalah: pertama Risiko optimal dipastikan dengan portofolio yang tersebar di banyak perusahaan; kedua Pasif income, semua pengelolaan diserahkan kepada ETF.

Ini membutuhkan kesabaran dan jangka panjang

Salah satu kunci keberhasilan strategi investasi ini adalah kesabaran dan visi jangka panjang.
Ini bukan jenis investasi sehari-hari, beli hari ini, jual besok.Paling tidak, Anda perlu 3 sampai 5 tahun bermain-main dalam investasi saham agar bisa mendapatkan hasil terbaik.

Hasil earning baru akan terasa setelah efek compounding yang Anda rasakan, yang memakan waktu lama. Anda harus memiliki visi jangka panjang jika ingin menginvestasikan dividen dengan sukses.

Berinvestasi dalam saham merupakan alat yang memberikan return tertinggi dibandingkan alat investasi lainnya. Salah satunya adalah investasi deviden, dimana pembayaran deviden tidak terpengaruh oleh pasang surut. harga saham. Faktanya, penurunan harga saham memberikan hasil dividen yang lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.