Membuat Brand Baju Sendiri, Simak Tips dan Caranya!

 

Membuat Brand Baju Sendiri – . Jawaban sederhananya tentu mudah. Jika untuk membuat saja, siapa saja bisa. Tapi untuk buat masyarakat kenal brand dan mau membeli, hal ini berbeda skenarionya. Cara membuat brand baju sendiri, umumnya melibatkan proses yang lama agar bisa mengena di pasar.

Berbeda dengan jual baju biasa, clothing brand harus mampu membuat orang ingat bahwa baju yang mereka beli memiliki identitas. Nama brand seperti Polo, Joger dan Adidas, masing – masing memiliki image tersendiri yang dikenal para pembelinya. Polo adalah baju kaos dengan tampilan formal, Joger adalah tempat baju dengan lelucon dari Bali dan Adidas adalah brand serba ada untuk urusan sports wear.

Bagi Anda yang ingin buat brand baju sendiri, mari bahas topiknya pada artikel ini. Siapa tahu dengan informasi pada artikel ini, Anda bisa dimudahkan dalam membentuk clothing brand sendiri. Berikut adalah bahasannya!

Baca Juga:  Jualan Online di Instagram, Begini Caranya Agar Sukses

 

Membuat Brand Baju Sendiri

Pengetahuan Untuk Memulai Langkah Awal Membuat Brand Baju Sendiri

Untuk langkah awal membuat brand sendiri, Anda perlu pengetahuan. Hal ini penting sebagai landasan mengambil berbagai keputusan dan ide bsinis. Berikut adalah cara yang baik dalam mengumpulkan data sebelum buat brand sendiri.

Research Produk untuk Membuat Brand Baju Sendiri

Langkah pertama adalah research produk. Produk baju tentu ada banyak. Anda perlu research, baju seperti apa yang akan Anda jual. Jenis baju yang sama bisa berbeda di mata pembeli hanya karena brand-nya. Jadi Anda harus tahu dulu detail tentang produk sebelum mulai memikirkan ide brand.

Contoh saja untuk baju kaos. Brand seperti Joger memiliki line kaos yang terkesan biasa. Tapi tampilan lelucon dan brand-nya membuat harga jual kaos ini cukup tinggi. Di sisi lain, Anda bisa lihat kaos Adidas yang diperuntukan sebagai sportswear. Bandingkan kelebihan dan karakteristik masing – masing produk brand ini. Apakah Anda bisa membuat desain yang mendekati kualitasnya ataupun lebih unik?

Baca Juga: Tips Menambah Followers Instagram Alami

Selalu Up To Data dengan Trend Sangat Perlu Untuk Membuat Brand Baju Sendiri

Jual baju brand sendiri harus didasari juga dengan pengetahuan tentang data seputar fashion dan trend. Conto saja informasi seputar industri benang dan katun. Sebagai bahan baju, Anda harus tahu informasi seputar industri ini agar dapat menyesuaikan harga jual dengan bahan baku.

Trend fashion juga penting diikuti. Setiap minggunya, ada saja tren baru dalam dunia fashion. Hal ini harus Anda perhatikan agar brand Anda tidak terlihat ketinggalan jaman. Anda bahkan bisa belajar dari trend tersebut untuk ide desain baru dan modifikasi produk yang lebih menarik.

Baca Juga:  Bisnis Kaos Brand Sendiri dengan Sukses? Simak Tips dan Strateginya

Memiliki Data Research Pasar Untuk Analisa Membuat Brand Baju Sendiri

Pasar konsumen adalah hal penting dalam bisnis. Untuk bisa menjual produk brand, Anda wajib research pasar terlebih dahulu. Ketahui target produk yang akan Anda jual. Cara membuat brand baju sendiri yang sukses adalah mampu menjual sukses di bagian pasar yang ditarget.

Misal Anda ingin brand baju anak – anak. Tentu target pasar ini memiliki karakteristik sendiri. Jika ingin target pasar anak, pastikan tampilan baju Anda colourful dan memiliki banyak variasi bentuk unik. Jika menarget pasar anak tapi desain baju Anda terlalu rigid dan dewasa, tentu brand Anda akan sulit mengena pada pasar.

Baca Juga:  Cara Membuat Brand Hijab Sendiri? Yuk Simak Tipsnya untuk Pemula

Ketahui dan Dekati Kompetitor

Research soal kompetitor di pasar yang sama juga penting. Anda harus tahu produk saingan dan alasan mengapa produk tersebut laku. Menggunakan data competitor ini, Anda bisa temukan ide baru yang mampu bersaing lebih baik melawan brand pesaing.

Evaluasi Data dan Survey Langsung

Jika research – research di atas kurang mumpuni, Anda bisa coba lakukan research mandiri. Sebarkan survey ke konsumen soal preference dan sense fashion mereka. Olah data dari survey tersebut hingga jadi basis data yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis dan pengemabangan brand.

Baca Juga:  Belajar Bisnis Online Gratis Bagi Pemula di Situasi Pandemi

Ide Brand dan Identitas untuk Membuat Brand Baju Sendiri

Jika sudah punya basis data yang baik, sekarang waktunya bentuk ide brand dan identitasnya. Berikut adalah langkah – langkah yang bisa Anda ambil:

Memastikan Produk yang Ingin Anda Jual

Untuk bisa memastikan image brand yang baik, coba pilih satu produk yang akan Anda buat. Apakah itu kaos, sweater, jacket ataupun dress pesta, Anda disarankan buat satu dulu. Satu jenis produk bukan berarti pilihan Anda sempit. Pengembangan variasi desain bisa banyak dilakukan.

Setelah establish brand dari satu produk ini, barulah Anda bercabang ke produk lain. Hal ini sama seperti pengembangan kaos Polo. Karena berhasil membuat baju kaos formal, image mereka sudah terbentuk. Sekarang, mereka buat banyak produk selain kaos, tapi tetap terkenal karena produk utama mereka.

Baca Juga:  Cara Berbisnis Pakaian Di Rumah Dengan Efektif, Simak Caranya!

Tentukan Tujuan dari Produk Untuk Membuat Brand Baju Sendiri

Tips buat brand baju yang paling penting dalam tujuan membuat produk. Apakah produk dari brand Anda memiliki arti tersendiri? Apakah memiliki tujuan tertentu dalam kebutuhan masyarakat? Hal ini penting untuk membuat image baik bagi konsumen.

Contoh saja image brand baju yang murah meriah tapi dengan tampilan sekelas baju premium. Tujuan dari brand image ini sudah jelas untuk menyediakan pilihan budget bagi mereka yang tetap ingin tampil elegan. Image dengan tujuan ini, lebih mengena pada masyarakat daripada sekedar kaos berpenampilan keren biasa.

Baca Juga:  Cara Berbisnis Makanan Online! Cek Beberapa Tips dan Caranya

Buat Logo

Untuk memperkuat image, pastikan punya desain logo brand baju yang unik dan menonjol. Coba research bagaimana cara buat image logo yang mengundang dan mudah dikenal. Biasanya bentuk yang sederhana mudah dikenal jauh lebih baik dibandingkan logo complex.

Buat Ciri Khas Khusus Brand Anda

Selain logo, Anda juga harus perhatikan aspek unik pada bisnis. Hal ini bisa berupa produk dengan fitur unik, tampilan unik ataupun layanan yang unik. Selama brand Anda menawarkan keunikan tertentu yang memberi benefit pada pembeli, brand Anda akan lebih mudah disebarkan namanya.

Mulai Bangun Bisnis

Setelah Anda miliki aspek brand yang baik, sekarang waktunya operasikan bisnis. Cara membuat brand baju sendiri bisa gagal jika brand memiliki aspek baik, tapi dalam praktek bisnisnya, Anda bermasalah, jadi pastikan ikuti arahan berikut ini:

Baca Juga:  Bisnis Dengan Modal Kecil Yuk Ketahui Cara Berikut Ini!

Buat Business Plan yang Jelas

Usaha baju brand sendiri yang bisa berkembang biasanya memiliki bisnis plan yang solid. Selalu pastikan rencana bisnis Anda sebaik persiapan brand yang akan Anda buat. Aspek seperti modal, perlengkapan usaha, proses bisnis dan management harus dibahas dalam business plan Anda.

Persiapan Anggaran dan Modal Untuk Membuat Brand Baju Sendiri

Modal untuk mulai usaha baju bisa besar. Tapi skalanya bisa diperkecil tergantung model bisnis Anda. Usaha online misalnya, lebih murah karena tidak perlu toko fisik. Anda juga bisa maksimalkan anggaran khusus untuk marketing dan juga produk. Pastikan mampu mempertimbangkan besaran modal yang diperlukan usaha Anda sebelum benar – benar mulai operasi.

Baca Juga:  Cara Belajar Bisnis Online Yang Perlu Anda Ketahui

Tentukan Platform Usaha

Platform usaha biasanya ada dua jenis. Pertama adalah toko biasa untuk jualan. Sedangkan yang kedua adalah media online. Untuk layanan online, Anda harus sesuaikan model bisnis dengan platform. Jualan di website sendiri akan berbeda daripada jualan di social media ataupun marketplace. Jadi pastikan ketahui benar cara operasi di platform usaha tersebut.

Membuat Network Kerja Sama

Membuat brand sendiri yang menarik dan sukses biasanya berkat bantuan pihak lain. Anda bisa saja hanya buat desain dan menyerahkan proses produksi pada pihak bistro. Hal ini umum terjadi pada brand – brand baru yang terbatas kemampuan produksinya.

Baca Juga:  Cara Agar Usaha Lancar dan Sukses Yang Harus Anda Pahami

Bagi yang produksi sendiri baju brand, supplier juga memegang peran penting. Karena banyak melibatkan pihak lain, pastikan Anda mampu buat networking yang baik dalam bisnis. Komunikasi dan transaksi kontrak wajib Anda dalami untuk hal ini.

Staff dan Team Kerja Untuk Membuat Brand Baju Sendiri

Cara membuat brand baju sendiri yang baik akan libatkan juga staff dan team. Jika brand baju Anda berskala kecil, staff dan tim kerja belum tentu dibutuhkan. Tapi saat brand berkembang, Anda harus pertimbangkan management tentang hal ini.

Baca Juga:  Adbreak Facebook Sekarang Bisa Dapat Uang . Wow!

Evaluasi dan Penyesuaian

Setelah semua aspek kerja dilakukan baik, lakukan evaluasi dan penyesuaian. Hal ini biasanya dengan sesi simulasi melayani pelanggan beberapa minggu. Jika ditemukan masalah selama simulasi, alur kerja dan aspek tersebut harus diperbaiki. Jika hasil evaluasi dan penyesuaian sudah baik, barulah buka usaha yang sesungguhnya.

Launching Brand dan Operasi Usaha

Jika bagian – bagian persiapan brand sudah baik, sekarang waktunya operasi. Jalankan usaha Anda dengan membuka toko dengan produk – produk yang sudah direncanakan. Untuk memastikan launching ini sukses, perhatikan hal – hal berikut ini:

Baca Juga:  Syarat Mendapatkan Uang dengan Facebook Ad Break

Efisiensi dan Profit

Dalam melakukan bisnis, pastikan Anda efisien dan mampu hasilkan profit. Walaupun brand Anda kuat, jangan terlalu bergantung dengannya. Pastikan nama brand juga diikuti dengan layanan dan produk yang bagus. Hal ini penting untuk memastikan profit jangka panjang dan bisnis yang lebih efisien.

Iklan dan Promosi

Cara membuat brand baju sendiri yang paling cepat adalah dengan iklan dan promosi. Anda bisa coba buat konten berupa artikel, video ataupun post social media seputar brand Anda. Buat kegiatan marketing diskon, promo perkenalan produk dan bahkan event undian. Dari jalur ini, nama brand Anda akan mudah menyebar karena pelanggan pasti tertarik dengan promosi Anda.

Baca Juga:  Cara Daftar Facebook Adsbreak

Perbaikan dan Pengembangan Brand Dalam Membuat Brand Baju Sendiri

Jika usaha sudah berjalan dan brand mulai menyebar, Anda harus lakukan evaluasi. Hal ini penting untuk menentukan bagaimana brand akan berkembang selanjutnya. Apakah buat varian produk baru? Apakah akan membuka cabang? Atau merubah strategy marketing? Hal ini hanya bisa dilakukan setelah membaca situasi usaha.

Jika dalam evaluasi usaha baju brand sendiri ditemukan ada masalah, Anda juga langsung bisa respons sebelum masalah membesar. Hal ini hanya bisa dilakukan baik, jika tiap periode rutin melakukan evaluasi brand dan bisnis sendiri.

Buat Brand Sendiri Penuh Tantangan Tapi Menguntungkan

Walaupun proses cara membuat brand baju sendiri bisa menyulitkan karena banyak tahapannya, hal ini jauh lebih menguntungkan. Karena punya brand sendiri, keuntungan akan Anda ambil sepenuhnya. Selain itu, kesuksesan brand akan tingkatkan kemampuan Anda menjalankan bisnis. Dibandingkan jadi distributor brand pihak lain, jalur ini jauh lebih baik.

Jika jual brand pihak lain, Anda tidak pegang control untuk image brand sepenuhnya. Jika brand dipandang jelek di masyarakat, Anda mau tidak mau harus rela rugi saat penjualan menurun. Tapi jika pegang brand sendiri, Anda bisa lakukan pengendalian penuh soal image brand.

Baca Juga:  Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Adbreak

Anda juga bisa manfaatkan brand sendiri yang sudah kuat dan membuka cabang ataupun mendistribusikan produk ke pengecer. Hal ini tidak akan mungkin dilakukan tanpa brand image yang baik. Jadi walaupun sulit, usahakan fokus buat brand clothing sendiri.

Sekian bahasan tentang cara membuat brand baju sendiri. Semoga bahasan ini membantu Anda sekalian. Terima kasih sudah baca artikelnya!

Baca Juga:  Tips Agar Cepat Diterima Facebook Ads

Leave a Reply

Your email address will not be published.