Laptop Sering Mati Sendiri Saat Digunakan Cari Jawabannya Di Sini!

Laptop Sering Mati Sendiri Saat Digunakan? Cari Jawabannya Di Sini!

 

Laptop Sering Mati Sendiri? . Mayoritas kegiatan atau mobilitas masyarakat seperti berporos pada internet. Semuanya dialihkan ke dalam kegiatan bentuk virtual, yang mengharuskan kita untuk menghabiskan waktu online lebih banyak dari biasanya. Tak bisa dipungkiri, demi menunjang kegiatan-kegiatan tersebut, kita memerlukan perangkat gadget yang memadai.

Tapi tidak menghilangkan kemungkinan juga, dalam proses berjalannya kegiatan, pasti aka nada satu dua kendala teknis yang mungkin berpotensi menghambat. Misalnya saja, yang paling sering ditemui yaitu kendala sinyal atau jaringan internet, kehabisan kuota, pemadaman listrik, hingga kendala pada gadget seperti laptop sering mati sendiri.

Baca Juga:  Cara Deteksi HP Hilang, Pasti Mudah di Temukan!

Pastinya, laptop mati selalu menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang, terutama mereka yang berkecimpung dalam pekerjaan remote. Sebisa mungkin, mereka akan menghindari kendala laptop sering mati sendiri yang sangat menyebalkan. Mungkin, beberapa orang yang tidak pernah atau jarang mengalami akan menanggap hal tersebut biasa. Tapi kita akan membahas, kenapa laptop sering mati sendiri menjadi hal yang sangat mengganggu setiap pekerjaan.

Di paragraf sebelumnya, kita telah membahas bahwa laptop mati merupakan penghambat terbesar pekerjaan. Hal tersebut dikarenakan laptop yang mati tiba-tiba bisa mengakibatkan berbagai masalah teknis yang merambat, misalnya:

  • Data yang tidak tersimpan, bagi para pengguna komputer yang tidak mengaktifkan auto-save.
  • Kerusakan parah pada sistem internal yang disebabkan oleh virus.
  • Layar / Screencomputer atau laptop tidak bisa menyala kembali.
  • Adanya downgrading sistem yang menyebabkan kinerja laptop atau gadget melambat atau lemot.
  • Bisa mempengaruhi kualitas baterai laptop.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Laptop Hang, Cari Tahu penyebabnya disini!

Nah, sebenarnya apa saja sih sebab kenapa laptop mati? Beberapa faktor yang mungkin bisa mempengaruhi adalah:

  • Laptop yang sudah terlalu panas atau over-heating.
  • Adanya kerusakan atau kegagalan kinerja komponen perangkat keras laptop anda.
  • Terbiasa menggunakan laptop sembari melakukan charging, hal ini biasanya disebabkan oleh baterai yang bocor sehingga laptop harus bergantung dengan konektor charger.

Bayangkan saja, jika anda hendak mengikuti meeting atau ujian penting terjadwal dan ternyata laptop andaberkendala. Tentunya gejala laptop sering mati sendiri perlu untuk segera diperbaiki, untuk mengantisipasi segala kemungkinan buruk. Lalu, bagaimana sih cara terbaik untuk memperbaiki laptop sering mati sendiri? Tetap simak artikel ini, karena kita akan segera membahas di poin selanjutnya.

Baca Juga:  Kursor Laptop Tidak Bergerak? Begini Cara Mengatasinya

Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Sering Mati Sendiri Saat Digunakan?

Di poin sebelumnya, kita sudah membahas beberapa penyebab laptop sering mati sendiri. Sekarang, mari kita beralih ke pembahasan bagaimana caranya mengatasi laptop sering mati sendiri saat digunakan, berdasarkan penyebab-penyebab utamanya. Kita perlu untuk mengidentifikasi sumber permasalahan pada laptop, sebelum mengambil langkah memperbaikinya. Itulah sebabnya, akan lebih baik jika kita meminta bantuan para teknisi yang sudah berpengalaman atau familier dengan berbagai kendala teknis, daripada berusaha memperbaikinya sendiri karena berpotensi menyebabkan kerusakan yang lebih parah.

  1.  virus, anda bisa melakukan instalasi anti virus dan menjalankannya di latar belakang. Program dengan jenis ini akan membantu anda mendeteksi virus yang mencoba menyelinap ke sistem laptop anda dan memudahkan laptop anda melakukan penanganan pertama yaitu virus scaning dan virus cleaning.
  2. kegagalan sistem yang sudah diotak-atik namun tak menghasilkan perubahan, anda bisa mulai memeriksa apakah ada driver di laptop anda yang crash. Driver yang paling mudah berkendala biasanya AMD CatalystSuite. Untuk tindakan lebih lanjut, anda bisa melakukan pemeriksaan pada filedump untuk menemukan informasi kerusakan utamanya.
  3.  overheating / kepanasan, mulai dari saat ini anda bisa mulai rajin mengistirahatkan laptop dan tidak memforsir kinerjanya. Anda bisa membeli aksesori kipas angina tambahan untuk mencegah laptop anda dari fenomena seperti ini.
  4. Jika laptop andaberkendala karena daya baterai, anda perlu memeriksa kualitas baterainya. Biasanya, hal ini terjadi karena pengguna laptop kurang memperhatikan proses pengisian daya baterai, kadang terlalu lama kadang terlalu cepat, sehingga bisa mempengaruhi kapasitas penyimpanan daya. Baterai pun bisa kembung atau malah bocor.
  5. Aplikasi yang sedang dijalankan membuat lagging/lemot/berhenti tiba-tiba, bisa jadi permasalahan ini terjadi bersumber pada RAM yang buruk. Anda bisa berkonsultasi kepada teknisi apakah bisa melakukan upgrading RAM atau tidak bisa, melihat dari kapasitas laptop bawaan anda.

Baca Juga:  Laptop Sering Mati Sendiri Saat Digunakan? Cari Jawabannya Di Sini!

Anda juga perlu untuk selalu memperhatikan komponen eksternal laptop yang lain ya yang mungkin bisa terjadi. Seperti audio laptop sering mati sendiri, wifi laptop sering mati sendiri, atau monitor laptop sering mati sendiri. Karena biasanya, masalah-masalah ini paling umum terjadi dan bisa diatasi sendiri jika memang sifatnya temporer. Anda bisa mencoba untuk merestartnya terlebih dahulu untuk melihat perubahannya

Ada baiknya jika kita selalu berusaha untuk tetap dan selalu menjaga gadget kita dengan baik. Dengan pemakaian yang benar, tentunya gadget akan bertahan jauh lebih lama usianya daripada pemakaian yang kurang diperhatikan. Usahakan jangan sampai terlalu sering melakukan perbaikan / service, karena tentunya fungsi gadget tidak akan 100% kembali seperti awal pembelian. Apalagi jika ada beberapa komponen yang diganti dari komponen orisinalnya. Tentunya, anda tidak ingin kan seluruh pekerjaan anda terhambat oleh laptop sering mati sendiri ketika digunakan?

Baca Juga:  Game Terpopuler Yang Bisa Anda Coba! 

Beginilah Cara Menjaga Kondisi Body Laptop Atau Gadget Anda Agar Selalu Baik

Sekarang anda pastinya sudah memiliki gambaran mengenai penyebab laptop sering mati sendiri ketika digunakan. Semua perangkat yang anda gunakan pasti memiliki rentan usia. Tetapi, jika anda bisa merawatnya dengan baik, laptop dan seluruh gadget anda pastinya bisa bertahan lebih lama. Melakukan pembersihan dari caches atau cookies, data storage, file yang tidak digunakan bisa menjadi hal yang esensial atau perlu untuk dilakukan.

Baca Juga:  Permainan yang Seru Untuk Dimainkan Ketika Mengisi Waktu Luang

Tidak hanya itu, anda juga perlu untuk menjaga bagan / body dari laptop dan gadget anda yang lain misalnya:

  1. Rutin melakukan bersih-bersih debu dengan brush / sapu kecil agar keyboard maupun layar / screen di laptop tidak berdebu dan kotor.
  2. Memberikan casing pelindung untuk gadget anda, agar badan tidak mudah baret dan lebih terlindung.
  3. Menaruh laptop atau gadget di tempat yang aman dan tidak sembarangan.
  4. Tidak menimbun file-file yang terlalu berat dan melebihi kapasitas laptop anda.

Dengan melakukan beberapa langkah di atas, tentunya anda bisa tetap menjaga performa gadget anda. Dengan performa yang masih bagus, tentunya gadget anda masih akan layak pakai terlepas dari kinerja operasionalnya. Misalnya saja, HP yang tidak pernah jatuh, tentunya keseluruhan body HP akan jauh dari lecet dan pecahnya screen.

Baca Juga:  Game PC Seru Yang Wajib Kalian Coba Di Jamin Ketagihan

Kesimpulan Artikel Kali Ini

Mungkin, bagi beberapa gadget tua, permasalahan laptop sering mati sendiri memang kerap terjadi. Tapi bukan berarti, hal tersebut tidak bisa diantisipasi, dicegah, dan diatasi. Tidak semua permasalahan atau kendala seperti laptop sering mati sendiri harus berakhir dengan LEMBIRU (Lempar Beli Baru). Buktinya saja, masih banyak kok laptop atau HP jadul masih bertahan hingga kini.

Pada dasarnya, selain dari bagaimana kita merawat laptop atau gadget, kualitas dari gadget itu sendiri sangat berpengaruh. Itulah sebabnya penting sekali untuk mengerti spesifikasi dari operasional laptop yang hendak anda miliki. Sangat penting jika anda menyesuaikan dengan kebutuhan anda, misalnya ketika anda bekerja di dunia programming, anda tentunya memerlukan jenis laptop dengan RAM dan kapasitas yang besar.

Baca Juga:  Game lucu dan Menghibur Terbaru 2021 Yang Bisa Kamu Mainkan!

Jika keperluan anda tidak sekompleks programming, anda bisa memilih laptop yang kapasitasnya jauh lebih ringan. Tapi kembali lagi kepada anda, jika anda masih ragu, anda bisa mendatangi gerai laptop langsung dan berkonsultasi mengenai laptop yang cocok dengan kebutuhan anda, dan juga budget yang mungkin sudah anda sediakan.

Selain itu juga pemasangan dari gerai laptop secara langsung. Hal ini akan sangat membantu mengantisipasi kesalahan dan resiko laptop sering mati saat digunakan. Demikianlah informasi yang bisa penulis berikan mengenai laptop, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Cari Uang dari TikTok

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.