Kursor Laptop Tidak Bergerak

Kursor Laptop Tidak Bergerak? Begini Cara Mengatasinya

 

Ketika sedang dalam mode fokus untuk mengerjakan tugas atau hal yang perlu diselesaikan dengan menggunakan laptop, tidak jarang pula terkadang ada banyak hal yang dapat mengganggu produktivitas yang dimiliki misalnya seperti permasalahan kursor laptop tidak bergerak. Padahal, kursor ini merupakan salah satu hal yang penting agar dapat menggunakan dan mengoperasikan laptop dengan baik sehingga segala pekerjaan yang perlu untuk dilakukan dapat terselesaikan sesuai dengan waktu yang ada dan hasilnya juga merupakan yang terbaik. Oleh karena itu, jika mengalami hal ini secara tiba-tiba tidak perlu lagi untuk merasa takut atau khawatir karena terdapat beberapa penyebab yang dapat dihindari dengan baik dan juga cara mengatasi permasalahan satu ini dengan cepat dan tepat.

Baca Juga:  Laptop Sering Mati Sendiri Saat Digunakan? Cari Jawabannya Di Sini!

Perlu Diketahui Penyebab dari Permasalahannya

Pada dasarnya, sebenarnya ada beberapa penyebab dari munculnya permasalahan kursor laptop tidak bergerak yang perlu untuk dipahami terlebih dahulu agar nantinya juga dapat mencari solusi dari permasalahan satu ini dengan tepat dan baik. Namun, satu hal yang selalu pasti dan diketahui yaitu bahwa permasalah satu ini akan selalu berhubungan dengan adanya gangguan pada bagian mouse ataupun touchpad yang terpasang pada bagian laptop. Hal ini juga dikarenakan kedua bagian ini merupakan bagian yang paling sering digunakan oleh para pengguna laptop sehingga perlu mengetahui beberapa penyebab yang akan dijelaskan seperti yang ada di bawah ini.

  1. Cara Mencabut Kabel Mouse Menggunakan Cara yang Kasar

Setiap pengguna dari laptop tentu saja pernah mencabut atau memasang kabel mouse dengan cara yang cukup kasar, meskipun hal ini tidak disengaja untuk dilakukan dan kemudian mempengaruhi kinerja dari mouse tersebut. Hal ini dapat membuat permasalahan kursor laptop tidak bergerak menjadi muncul yang diakibatkan oleh kabel itu sendiri yang putus sehingga tidak dapat digunakan dan fungsinya menjadi berkurang atau malah hilang. Oleh karena itu, akan lebih baik jika para pengguna dari mouse ini sendiri lebih berhati-hati terutama dalam penggunaan dari kabel itu sendiri agar tidak mudah untuk mengalami kerusakan dan menjadi tidak dapat digunakan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Laptop Hang, Cari Tahu penyebabnya disini!

  1. Pada Bagian Touchpad Terkena Benturan atau Pukulan yang Terbilang Cukup Keras

Ketika mengalami permasalahan kursor laptop tidak bergerak, hal pertama yang perlu untuk dicari tahu atau dipahami yaitu berkaitan dengan kondisi dari touchpad itu sendiri apakah sempat mengalami benturan yang cukup keras atau tidak sengaja terkena pukulan. Hal ini dikarenakan dapat membuat touchpad menjadi rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik seperti semula yang diakibatkan dari adanya pukulan atau benturan yang dirasakan dan cukup keras. Maka dari itu, akan lebih baik jika memastikan bahwa penggunaan dari touchpad ini sendiri perlu untuk tidak digunakan dengan sembarangan dan dipastikan bahwa cara yang digunakan cukup tepat.

  1. Mode Touchpad atau Mouse Sedang Dalam Keadaan Nonaktif

Hal lain dari adanya permasalahan kursor laptop tidak bergerak yang dihadapi yaitu terkadang pengguna dari laptop ini sendiri tidak menyadari bahwa touchpad atau mouse yang sedang digunakan berada pada mode nonaktif sehingga tentu saja tidak akan dapat digunakan. Hal ini sendiri bisa saja terjadi kepada para penggunanya karena pengguna tidak sengaja untuk menekan pada tombol yang menyebabkan nonaktif sehingga perlu untuk diperhatikan terlebih dahulu terkait dengan hal ini.

Baca Juga:  Cara Deteksi HP Hilang, Pasti Mudah di Temukan!

Ketika menemukan kursor tidak dapat bergerak, maka hal pertama yang perlu untuk pengguna laptop perhatikan yaitu memastikan bahwa baik touchpad maupun mouse sedang tidak dalam keadaan mati.

  1. Kabel Mouse yang Digunakan Tidak dalam Keadaan Sambungan yang Benar

Jika para pengguna sudah selesai dan memastikan bahwa mouse telah tersambung dengan benar pada laptop tetapi masih mengalami permasalahan kursor laptop tidak bergerak, maka hal pertama yang dapat dilakukan yaitu memastikan bahwa kabel yang digunakan sudah terpasang dengan benar dan tepat. Hal ini dikarenakan biasanya kursor menjadi tidak dapat digunakan atau tidak bergerak karena koneksi pada mouse itu sendiri tidak dapat tersambung dengan baik, terutama untuk penggunaan laptop maupun mouse yang sudah cukup lama digunakan. Selain itu, pastikan juga bahwa kabel yang digunakan pada port juga sudah tepat dan sesuai dengan jenis port yang ada pada laptop.

Baca Juga:  Game PC Seru Yang Wajib Kalian Coba Di Jamin Ketagihan

  1. Kesalahan atau Kerusakan yang Dialami Pada Bagian Touchpad dan Mouse

Permasalahan kursor laptop tidak bergerak yang dihadapi oleh para pengguna laptop biasanya bergantung pada bagian touchpad itu sendiri yang mungkin mengalami kesalahan pada bagian pengaturan dari touchpad yang perlu digunakan. Selain itu, tidak jarang pula hal ini dialami karena hardware pada touchpad itu sendiri yang sudah dalam keadaan yang rusak sehingga tidak lagi dapat digunakan  dan mungkin perlu untuk diganti terlebih dahulu. Maka dari itu, akan lebih baik jika mengecek terkait dengan pengaturan dari mouse maupun touchpad dan kondisi dari keduanya itu sendiri saat digunakan untuk memastikan masih baik-baik saja.

Baca Juga:  Game lucu dan Menghibur Terbaru 2021 Yang Bisa Kamu Mainkan!

Solusi Tepat untuk Atasi Permasalahan Kursor Pada Laptop yang Tidak Dapat Digunakan

Setelah mengetahui apa saja sebenarnya penyebab dari adanya permasalahan kursor laptop tidak bergerak, hal selanjutnya yang perlu untuk diketahui yaitu apa saja solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Maka dari itu, simak apa saja solusi yang dapat dilakukan oleh para pengguna laptop ketika mengalami permasalahan satu ini dengan lebih cepat dan tepat sehingga tidak perlu lagi untuk merasa kebingungan.

  1. Membersihkan Bagian Touchpad Secara Berkala

Salah satu solusi yang dapat dilakukan ketika para pengguna mengalami permasalahan kursor laptop tidak bergerak yaitu dengan tidak hanya melakukan solusi saja, tetapi juga dapat melakukan tindakan yang preventif untuk mencegah terjadinya permasalahan ini. Hal ini dikarenakan touchpad itu sendiri juga perlu untuk dapat digunakan dalam kondisi yang terbersih mungkin sehingga fungsinya tidak dapat bekerja dengan maksimal dan juga tidak dapat mengganggu sensitifitas yang dimiliki dari jari ke bagian touchpad yang ada. Cara untuk membersihkannya juga cukup mudah yaitu hanya dengan cara mengusapkan kain lap yang bersih dan kering pada bagian touchpad yang ada di laptop.

Baca Juga:  Permainan yang Seru Untuk Dimainkan Ketika Mengisi Waktu Luang

  1. Mengatur Pada Bagian Pengaturan Touchpad dengan Tepat

Seperti sebelumnya yang telah dibahas dan disebutkan, seringkali juga permasalahan dari kursor laptop tidak bergerak diakibatkan dengan adanya pengaturan dari touchpad itu sendiri yang berubah maupun tidak sesuai sehingga membuat kursor menjadi tidak dapat digunakan dan bergerak. Oleh karena itu, pastikan terlebih dahulu bahwa peraturan yang ada dan dipasang pada pengaturan touchpad sudah sesuai dengan yang ada sehingga perlu untuk diatur kembali agar dapat digunakan. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan mouse terlebih dahulu untuk mengatur kembali penggunaan yang ada karena kursor masih dapat digunakan dengan menggunakan mouse yang telah dipasang tersebut.

Baca Juga:  Game Terpopuler Yang Bisa Anda Coba! 

  1. Memasang Kembali Mouse yang Digunakan dengan Lebih Tepat dan Benar

Solusi lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan kursor laptop tidak bergerak yang ada yaitu dengan cara memastikan bahwa mouse yang digunakan dan terhubung pada laptop itu sendiri sudah memiliki kabel yang dapat tersambung dengan tepat dan benar. Kedua hal ini juga berlaku baik pada penggunaan mouse yang berkabel maupun yang tidak berkabel dengan memastikan pada bagian perangkat mouse sudah terdaftar dan dapat terdeteksi dengan tepat pada laptop yang ada. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan pengecekan pada nama mouse yang digunakan sehingga mengetahui apakah mouse sudah terpasang atau belum.

Baca Juga:  Main Saham Online Auto Kaya? Kenali Jenis, Manfaat dan Kerugiannya

  1. Mengaktifkan Kembali Fungsi dari Touchpad dan Mouse yang Digunakan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, permasalahan kursor laptop tidak bergerak juga biasa dapat terjadi dikarenakan touchpad maupun mouse yang telah terpasang dalam keadaan yang tidak aktif sehingga kursor yang ada menjadi tidak dapat bergerak dan digunakan. Maka, penting untuk memastikan bahwa kursor yang ada telah aktif dan dapat digunakan kembali dengan memastikan bahwa touchpad dan mouse telah aktif terlebih dahulu dengan cara yang cukup mudah. Biasanya setiap merek dan tipe laptop yang ada memiliki caranya masing-masing sehingga dapat disesuaikan terlebih dahulu dengan perangkat yang digunakan untuk memastikan keduanya telah berfungsi dengan baik.

Baca Juga:  Cara Bermain Saham Untuk Pemula 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *